19.12.15

JOM KURUS (4) | EPAL HIJAU

Hampir tidak percaya pada diri sendiri apabila epal hijau adalah termasuk kawan-kawan baik saya selepas teh hijau dan air lemon. Lebih sebulan pertama makan tengah hari saya adalah epal hijau atau makan buah lainnya apabila lapar. Walau bagaimanapun, kami kini masih amalkan epal hijau tetapi dalam bentuk jus buah TANPA GULA.

Apa pula khasiat epal hijau untuk diet?

********************************************************************

Manfaat apel hijau sangat ampuh untuk berbagai masalah kesehatan, seperti menyehatkan mata, diet, sumber energi, dan mencegah berbagai penyakit berbahaya dengan kandungan antioksidannya.

1. Apel Hijau Dapat Menyehatkan mata
Kandungan Vitamin A dalam Apel Hijau memiliki jumlah yang cukup atau tidak kurang dan juga tidak lebih. Kandungan Vitamin A ini membuat mata menjadi lebih sehat. Vitamin A sendiri memang tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat sel – sel pada tulang kita terpecah. Dan hal ini akan menganggung kerja Vitamin D yang kita konsumsi.

2. Apel Hijau Memberi energi yang cukup
Aktivitas yang padat tentu membuat kita harus selalu menyiapkan energi maksimal setiap harinya. Apel Hijau juga memberi energi yang cukup untuk kita beraktivitas. Kandungan Vitamin B1 dalam Apel Hijau membantu merubah asupan karbohidrat yang kita konsumsi menjadi energi.

3. Apel Hijau Sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas
Manfaat Apel Hijau tidak hanya itu, buah ini juga memberi antioksidan dan menangkal tumbuhnya radikal bebas terhadap tubuh kita. Hal ini karena adanya Folate dan Vitamin B2. Sehingga penyakit – penyakit berbahaya juga ikut menjauh. Penyakit – penyakit berbahaya tersebut adalah kanker, serangan jantung, dan tumor.

4. Apel Hijau Kaya akan asupan air
Apel Hijau memiliki asupan air yang banyak ditambah lagi dengan Vitamin B6 yang mengalir pada mineral dalam apel ini. Adanya asupan mineral dalam tubuh membuat mineral tersebut kuat untuk menyaring kolesterol. Seperti yang kita tahu, kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan resiko Stroke.

5. Apel Hijau Dapat Memperbaiki jaringan tubuh
Vitamin C di dalam Apel Hijau berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Salah satunya bagian sel – sel kulit di mana mudah sekali dapat menjadi rusak karena pola hidup juga keadaan lingkuan. Ditambah dengan kandungan Vitamin E, makan akan mempercantik kulit kita. Ini dapat menjadi tambahan bagi para wanita yang bingung bagaimana caranya merawat kulit agar tetap lembut sepanjang waktu.

6. Apel Hijau untuk mencegah pendarahan
Manfaat dari Apel Hijau yang lain adalah menghindari pendarahan dalam tubuh kita. Pendarahan memang menjadi masalah yang serius bila terjadi di dalam tubuh kita. Vitamin K dalam Apel Hijau lah yang akan membantu terhindar dari pendarahan tersebut. Tidak sedikit pendarahan dalam tubuh yang menyebabkan penyakit serius dan menghilangkan nyawa.

7. Apel Hijau Melancarkan pencernaan
Apel Hijau menjadi salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Hal ini berdampak pada proses pencernaan dalam tubuh yang baik dan lancar. Atau bisa dikatakan dapat menjadi obat bagi yang mengalami sembelit. Konsumsilah secara rutin.

8. Apel Hijau Membuat rambut sehat
Dengan adanya asupan mineral yang cukup dan juga kandungan Vitamin C dan E, maka mengkonsumsi buah Apel Hijau juga dapat memberi manfaat pada kesehatan rambut di mana raambut akan lembut dan terhindar dari ketombe.

9. Apel Hijau Efektif Menyehatkan gigi
Mengunyah buah Apel Hijau akan membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Hal ini karena gigi menjadi terlatih dan dengan didukung adanya kandungan Vitamin K di mana menjadi Vitamin yang menguatkan gigi.

10. Apel Hijau Menghindari penyakit Alzhaimer
Penyakit Alzhaimer menjadi penyakit yang menyeramkan karena efek jangka panjangnya yang buruk bahkan dapatt membuat seseorang kehilangan nyawa akibat pikun. Buah Apel Hijau dapat menghindari penyakit ini karena nutrisinya yang banyak.

11. Apel Hijau Mencegah Parkinson
Karena kaya akan antioksidan, mengkonsumsi Apel Hijau juga memberi manfaat agar kita terhindari dari penyakit yang bernama Parkinson.

12. Apel Hijau Ampuh Mencegah Diabetes
Diabetes menjadi masalah yang sering mendatangi sebagian orang apa lagi penyakit ini dapat turun temurun. Apel Hijau juga memberi dampak positif terhadap penyakit ini karena Vitamin B1 di dalamnya akan membantu kita. Tetapi tentu didukung dengan pola hidup juga.

13. Apel Hijau Untuk Diet dan Makanan Alternatif
Buah Apel memang dapat menjadi makanan pengganti seperti penggaanti menu makan sore ataupun malam. Hal ini cocok sekali bagi anda yang ingin menurutkan berat badan. Manfaat apel salah satunya adalah untuk memberikan efek kenyang yang dapat memberikan anda tubuh ideal.


********************************************************

Pada pendapat kami, kami tidak bersetuju dengan diet ketat sehinggakan tidak boleh makan apa sahaja kerana melalui pemerhatian saya, diet ketat kebiasaannya tidak boleh kekal lama kerana apabila mencapai berat ideal, mereka seolah-olah melepaskan geram untuk makan makanan-makanan yang mereka pantang selama berdiet menjadi asbab mereka boleh kembali ke berat asal semula.

Diet cara kami pula, jika teringin makan, makan sahajalah tetapi makan dengan beringat-ingat sekadar rasa. Jadi, sistem tubuh pun 'enjoy' dan tidak stress ditekan-tekan untuk kurus. 

Pengalaman kami sendiri, kebanyakkan masa, hidangan seorang makan akan kami beri dua. Jika di kedai makan, maksudnya kami makan sepinggan berkongsi 2 orang tetapi apabila telah mencapai berat ideal, apabila terlalu lapar ada juga yang kami pesan seorang sepinggan tetapi ianya cukup menyeksakan perut kerana saiz perut telah mengecil dan ianya mendatangkan 'senak'.

InshaAllah lagi satu episod kurus gaya kami yang mana saya juga ada stress tersendiri apabila berat saya statik sedangkan kita mengambil makanan secara sedikit tetapi berat masih tidak bergerak. Dimana silapnya?

InshaAllah nantikan episod akhir JOM KURUS! :D

2 comments:

Zefa NorAsmara said...

Assalamualaikum. Orang Selangor datang bertandang ni, intai2 khasiat epal hijau.. Wah2, makn selim melim la UM ya. Ni yg jeles ni..

umi alya said...

Akak pula xmo kurus, nak gemuk sikit, selalu minum jus lemon..